Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Gerakan Sipil Serahkan Rekomendasi untuk Penyempurnaan Penyelenggaraan Pilkada di Bireuen

 


KabarJW- Kelompok gerakan sipil yang terdiri dari berbagai organisasi masyarakat sipil, difasilitasi oleh Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh, pada pada Kamis, 25 Juli 2024, menyerahkan rekomendasi kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pilkada di Bireuen.

Penyerahan rekomendasi ini merupakan bagian dari upaya masyarakat sipil dalam mendorong Pilkada yang berkualitas, jujur, adil, dan demokratis. Rekomendasi yang diserahkan mencakup lima aspek utama: penguatan partisipasi masyarakat, implementasi Pilkada inklusi dan aksesibilitas, penguatan pengawasan independen, pemanfaatan teknologi, serta edukasi dan kampanye kepemiluaan.

Perwakilan gerakan sipil, Syahrul Arizal, menyatakan harapannya agar rekomendasi ini dapat memberikan masukan berharga bagi pemerintah dan lembaga terkait, dalam menyempurnakan sistem penyelenggaraan Pilkada di Bireuen. “Partisipasi masyarakat sipil sangat penting untuk memastikan Pilkada yang berintegritas,” ujarnya.

Ketua KIP Bireuen, Saiful Hadi, menyambut baik rekomendasi tersebut dan berharap dapat bersinergi dengan semua pihak untuk menerapkan masukan yang diberikan. “Harapan kita adalah Pilkada bisa berjalan dengan demokratis, humanis, dan inklusi,” katanya.

Anggota Panwaslih Bireuen, Desi Safnita, juga merespons positif rekomendasi tersebut. “Kami mendukung penuh dan berupaya mengimplementasikan pengawasan yang independen terhadap seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024, khususnya di Kabupaten Bireuen,” tegasnya.

Gerakan sipil menyatakan akan terus mengawal proses ini dan siap berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait demi terwujudnya Pilkada yang berkualitas dan bersih.

 

[M. Akmal/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar