Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Jurnalis Warga Bireuen, Berikan Materi Jurnalistik di SMA Negeri 1 Simpang Mamplam

 


KabarJW- Jurnalis Warga dari Komunitas Daweut Apui memperkenalkan literasi digital dan jurnalistik kepada siswa baru di SMAN 1 Simpang Mamplam. Rabu, (17/72024).

Kegiatan ini dikuti oleh 83 peserta didik baru dalam Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dengan tujuan memberikan motivasi dan meningkatkan minat menulis serta literasi digital.

Zahara S.Pd. Gr., selaku panitia pelaksana kegiatan MPLS mengatakan, pentingnya jurnalitik sekolah sebagai bentuk minat literasi siswa.

“Ilmu jurnalistik sangat penting dan dibutuhkan sebagai pembelajaran, sehingga siswa bisa aktif mempublikasikan karya siswa di sekolah dan memberikan informasi dari luar, dengan tetap menjaga akurasi dan independensinya”. Ujar Zahara.

Zahara juga menambahkan, jika sekarang informasi mudah sekali didapat hanya dalam genggaman. Namun harus cerdas dan kritis dalam menyaring informasi, agar tidak termakan berita hoax (bohong).

Sementara itu, M. Yaziz, yang menjadi narasumber dari Jurnalis Warga Bireuen, berbagi pengetahuan tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik menulis berita, literasi digital, dan keterampilan dalam komunikasi.

“Pelatihan jurnalistik seperti ini bisa mengembangkan keterampilan siswa, dan mempersiapkan generasi baru untuk menjadi jurnalis berkompeten di era digital saat ini”, Ungkapnya.

Yaziz, yang ikut didampingi oleh tim yaitu Halimah dan Akmal, berharap agar ke depan, sekolah melibatkan siswa dalam proyek jurnalistik yang nyata di sekolah dan komunitas. Bahkan mereka bisa membuat situs berita online, majalah sekolah, podcast, serta produk jurnalistik.

"Ini menjadi pengalaman bagi siswa, dalam menghasilkan konten jurnalistik pada siswa. Selain membantu gerakan literasi di sekolah, juga bisa melatih siswa membangun kreativitasnya". Pungkas Yaziz


[Halimatul Sakdiah/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar