Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget


Khairunnisa, Disabilitas yang Tak Miliki E-KTP

 


KabarJW- Khairunnisa (23), salah seorang disabilitas daksa, warga gampong Geulanggang Teungoh, Kecamatan Kota Juang, sampai saat ini belum juga melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Senin (1/7/2024)

Nurahmah Nursyah (62), Ibu kandung dari Khairunnisa mengatakan alasan anaknya belum memiliki E-KTP karena anaknya malu untuk keluar rumah.

“Saya sudah berusaha membujuk anak saya untuk mengurus KTP untuknya. Tapi, dia malu untuk keluar karena keadaan fisik yang ia miliki.” Ungkap Nurahmah.

“Kakinya lema, tidak kuat menopang badannya saat berjalan.” Tambahnya kemudian.

Ironinya, perempuan yang akrab disapa Nisa ini tidak terdata sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pemilian Umum (Pemilu) 14 Februari lalu, karena tidak memiliki KTP.

Nurahmah mengkhawatirkan jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November 2024 nanti, Nisa kembali tidak terdata sebagai DPT.

“Pemilu kemarin Nisa sudah tidak ikut memilih. Saya ingin anak saya bisa memilih saat Pilkada nanti”, tandas Nurahmah.

Selain itu, Nurahmah juga mengkhawatirkan jika dirinya meninggal kelak, apakah anak bungsunya ini bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, kerana anaknya belum memiliki KTP.

Dari cerita Nurahmah, setelah tamat dari Madrasah Ibditadayah Negeri (MIN) 50 Cot Merak Bireuen, Nisa tak lagi melanjutkan pendidikannya karena rasa malu dan minder tersebut.

Keluarga berharap, Nisa bisa melepas rasa malu dan minder terhadap keadaan fisik yang dimilikinya. Kemudian, ada solusi dari pemerintah untuk membantu Nisa mengurus KTP-nya.

Tim KabarJW.com telah mencoba menghubungi Keuchik Gampong Geulanggang Teungoh, untuk mempertanyakan terkait bantuan apa yang telah diupayakan untuk membantu Nisa mendapatkan KTP. Namun sampai berita ini ditayangkan, Keuchik belum meresponnya.

 

[Rahman Effendi/ Jurnalis Warga Bireuen]


Posting Komentar

0 Komentar